Youtube Music vs Spotify Mana Yang Lebih Baik

Di Indonesia saat ini ada dua penyedia streaming musik online yang sedang berjaya yaitu youtube music dan spotify. Tentunya banyak yang bertanya-tanya, kira-kira mana yang lebih baik dan cocok untuk dijadikan langganan ya. Tentu kita akan membahas mulai dari aspek harga, fitur, serta aspek-aspek lain yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Pertama dari aspek harga, disini terlihat youtube music memang sedikit lebih mahal yaitu Rp. 59.000/bulan dibandingkan dengan spotify yang harganya Rp. 49.990/bulan. Tetapi youtube music memberikan kelebihan yaitu bisa melihat video klip dan video youtube berbayar, serta kalau lihat youtube jadi tidak ada iklannya lagi. Tapi jika kamu tidak suka lihat video klip dan hanya butuh streaming audionya saja maka spotify lebih cocok buat kamu.

Jika kamu pelajar kamu bisa mendapatkan harga lebih murah di spotify hanya sebesar Rp. 24.990/bulan. Untuk youtube music for student juga sebenarnya ada, cuman untuk potongan harganya saya kurang tahu.

Kemudian dari aspek fitur, fitur di youtube music kelihatan lebih lengkap karena bisa lihat video klipnya juga. Sebandinglah dengan harganya yang memang sedikit lebih mahal. Kemudian fitur lain keduanya sama-sama memberikan gratis trial selama 3 bulan pertama. Juga ada menu paket keluarga sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih hemat.

Kesimpulannya kalau menurut saya pribadi lebih suka ke youtube music karena saya sendiri memang suka juga lihat video klip musik, serta lihat video youtube yang lain. Jadi sangat terbantu karena tidak ada iklan lagi saat lihat youtube. Walaupun youtube music biaya langganan nya lebih mahal sedikit, tapi sebanding dengan fitur-fitur yang diberikan.