Produksi dan pengelolaan pedaging kelinci

belajar beternak Kebiasaan pakan India berubah dengan peningkatan konsumsi protein hewani, terutama bertemu karena meningkatkan standar kehidupan. Daging konvensional menghasilkan seperti domba, kambing, sapi, babi dan unggas tidak akan mampu memenuhi permintaan ini. Mempertimbangkan permintaan berat daging dan pertanian produk daging ayam pedaging kelinci di India memiliki cakupan yang luar biasa sebagai alternatif sumber daging.

Keuntungan dengan daging kelinci

Daging kelinci hampir kolesterol gratis (50mg/100 gm) dan berisi setidaknya lemak antara semua daging yang tersedia. Oleh karena itu, pasien jantung juga dapat mengkonsumsi daging kelinci. Ini adalah daging putih; daging yang sangat lembut, berair dan lezat. Kalsium dan fosfor konten adalah lebih yaitu 20 mg/100 gm dan 350mg / 100gm daging, masing-masing dan kurang kandungan natrium (40mg/100 gm daging). Jumlah tinggi asam lemak tak jenuh Poli yang merugikan jantung. Daging kelinci memiliki nilai kalori kurang dan tertinggi asam nikotinat (13mg/kg daging) yang mengandung daging, persentase tinggi protein mudah dicerna dan nilai gizinya paling sedikit. Berpakaian persentase 60-65% dan rasio tulang-daging adalah 5: 1.2. Daging kelinci tidak memiliki rasa yang kuat, kelezatan tinggi, mudah dicerna dan cocok untuk konsumsi dalam kondisi iklim panas dan dingin. Ada ada tabu atau sosial stigma yang melekat pada konsumsi daging ini.

Perbandingan nilai nutrisi daging kelinci

Hewan

Daging

Kalori / 100gm

Kelembaban

%

Protein

%

Lemak

%

Kolesterol

%

Kalsium

mg / 100gm

Fosfor

mg / 100gm

Natrium

mg / 100gm

Kelinci

Permainan

795

67.9

20,8

11.2

50

20

350

40

Unggas

Ayam

810

67.6

20,0

11,0

60

10

240

70

Kambing

Kambing

1090

60,0

15,0

15,0

90

10

165

75

Domba

Daging kambing

1420

55,8

15,7

27,7

66

7

190

88

Ternak

Daging sapi

1440

55,0

16.3

28.0

105

12

195

65

Babi

Daging babi

2050

42.0

11,9

45.0

110

10

195

70

Mengapa pergi untuk kelinci pertanian?

Kelinci adalah relatif baru pengenalan sebagai ternak mikro di negara kita.
Saat ini kelinci pertanian adalah mendapatkan momentum untuk daging, bulu kulit dan daging produksi dalam negeri.
Mudah untuk mempertahankan-karena ukuran kecil tubuh kelinci pedaging, memerlukan lebih sedikit ruang untuk akomodasi dan makan.
Itu bisa dibesarkan di roughage diet semata-mata tanpa mempengaruhi kinerja produktif dan reproduksi.
Kelinci tidak bersaing dengan manusia untuk biji-bijian makanan seperti babi dan unggas.
Unit kecil kelinci dapat dinaikkan berhasil di halaman belakang dengan sayur atau limbah dapur, fodders hijau, dan daun pohon.
Potensi reproduksi adalah sangat tinggi dan pendek generasi interval. Menjadi ovulator diinduksi, kelinci bisa dibesarkan dalam waktu 24 jam dari kayu bakar.
Kelinci dapat dikawinkan sepanjang tahun dan memberikan tanaman setidaknya empat tahun dengan lima tandu per tanaman i. e. 20 kit / doe / tahun.
Kelinci pengganda cepat, matang dalam 5 sampai 7 bulan periode waktu dan kehamilan adalah hanya 30 hari.
Beradaptasi dalam berbagai macam kondisi iklim yaitu panas lembab untuk cuaca dingin.
Tingkat pertumbuhan ini sangat cepat. Kelinci pedaging dapat mencapai berat badan 1,5-2,0 kg dalam 90 hari dan dapat dipasarkan untuk pemotongan.
Relatif tahan terhadap penyakit daripada hewan dan unggas burung-burung lain. Ada beberapa insiden penyakit infeksi dan infestasi cacing di kelinci kecuali beberapa protozoa (coccidian dll) dan ilmu penyakit parasitik. Tidak ada vaksinasi yang diperlukan.
Selain daging kelinci juga memproduksi kulit bulu dan pelt sebagai produk yang dapat dimanfaatkan untuk persiapan barang-barang mewah seperti topi, sarung tangan, dompet, jaket anak dll.
Kelinci cocok sangat baik terintegrasi sistem usahatani dan dapat dipelihara di halaman belakang dengan ruang terbatas.
Kelinci pertanian tidak memerlukan investasi besar seperti usaha ternak lain. Persyaratan pemeliharaan untuk beternak kelinci sangat sedikit.
Peternakan kelinci dapat menghasilkan potensi besar untuk ratusan pengangguran pemuda dan perempuan rakyat negara. Kecilpun halaman belakang kelinci menjaga secara substansial dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Pengelolaan pertanian kelinci

Untuk menjelajahi produksi optimal kelinci untuk daging dan keseluruhan keuntungan dari Kelinci peternakan hewan harus dikelola dengan pengetahuan ilmiah modern. Praktek-praktek penting manajemen termasuk pilihan berkembang biak, perumahan, makan, pembibitan dan kesehatan manajemen kelinci.

Pemilihan dari jenis untuk ayam pedaging kelinci pertanian

Memilih yang berkembang biak yang tepat sangat penting untuk sukses pertanian pedaging kelinci. Ada sekitar 89 diakui jenis kelinci. Berkembang biak penting yang dapat dipilih untuk sukses kelinci pertanian di India adalah Soviet Chinchilla, Newzealand putih, abu-abu raksasa, putih raksasa, Flemish Giant, California, Silver Fox dll.

Manajemen perumahan
Perumahan hewan memainkan peran penting untuk sukses kelinci pertanian. Tujuan utama dari perumahan tepat akan melindungi hewan dari hujan, angin, sinar matahari dll. Menurut wilayah, kondisi iklim dan ukuran peternakan kelinci perumahan tepat dapat diberikan. Ada tiga jenis perumahan umumnya disediakan dalam kelinci pertanian. Ini adalah-kandang sistem, sistem kandang dan lantai sistem.
1. sistem:
Kandang dapat diatur dalam permanen atau semi permanen gudang pada tingkat sistem. Satu, dua atau tiga tingkat sistem yang diikuti. Kandang harus panjang 60cm, 80 cm lebar dan tinggi 45 cm untuk dolar. Ukuran kawat mesh harus 1.0 cm di bagian bawah dan 2,5 cm di sisi. Muda kelinci setelah penyapihan disimpan dalam kelompok-kelompok dalam pena dan kelinci setiap muda dengan tunjangan ruang 35 cm X 35 cm. Setelah mencapai pubertas mereka harus ditempatkan secara terpisah. Kotak sarang dibuat dengan dimensi 50 cm X 30 cm X 20 cm dengan beberapa lubang di bawah dan sisi untuk drainase dan ventilasi. Di lapis sistem kandang umumnya ditempatkan pada stand logam atau semen tiang di sekitar 2 hingga 3 ft di atas permukaan tanah. Lapis sistem dianjurkan untuk semi-komersial dan komersial kelinci pertanian. Kandang dapat dibuat untuk kayu bakar juga.
2. hutch sistem:
Hutches terutama digunakan untuk tujuan pembiakan dan bersalin, tapi lain kelas kelinci seperti penumbuh dan orang dewasa juga dapat disimpan. Ini adalah kandang tersendiri, yang dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Di kompartemen sistem 2 atau 8 hutch dengan 3,5 X 3 X 3,5 ft dimensi dapat dilakukan. Hutches dapat dibuat dengan besi, wire mesh, kayu atau bambu dan atap dengan GI rumput lembaran atau jerami. Lantai dapat dilakukan dengan kawat mesh untuk memudahkan pembersihan. Untuk halaman belakang hutch sistem usahatani dianjurkan.
3. lantai sistem:
Kelinci disimpan di lantai seperti sampah dalam sistem unggas. Lantai harus terbuat dari semen Beton sebagai kelinci menggali di alam. Kelinci rumah dapat dibagi untuk menjaga kelompok berbeda dari hewan seperti laki-laki, perempuan, petani dll. Lantai ruang persyaratan untuk setiap kelinci adalah 4 sq ft. Sistem ini dianjurkan untuk daerah deras dan dataran tinggi.
Barang-barang pakan dan pakan kelinci
Jumlah pakan 70 sampai 80 persen dari total biaya produksi di kelinci pertanian. Kelinci dapat berhasil mengangkat pada oleh-produk pertanian dan feed tidak konvensional yang mengurangi biaya produksi. Kelinci adalah hewan herbivora. Mereka mengkonsumsi berbagai macam barang-barang pakan yang termasuk roughages, rumput, jerami, hijauan hijau, akar dan daun pohon. Kacang-kacangan dan bebas-polongan roughage dapat diberikan kepada kelinci. Rumput segar dan kering juga dapat makan. Dhub rumput, jerami polongan, kering rumput dan rumput silase menyediakan nutrisi yang baik. Vegetasi hijau, akar tanaman seperti ubi jalar, tapioka dll, jagung fodders, Lucerne, berseem, cowpea, kacang beras, stylo, sancrus, setaria, guinea, wortel, lobak, kentang manis dedaunan dan tanaman merambat sumber baik fodders hijau. Daun yang berbeda seperti Ficus, Moras alba, Malberi, Acacia cukup enak untuk kelinci. Roughages sendiri mungkin tidak mendukung untuk produksi yang optimal, maka berkonsentrasi campuran juga akan diberikan kepada kelinci bersama dengan roughages dan daun pohon. Konsentrat feed termasuk sereal (jagung, gandum, jelai dll), legumes (Jower, bajra dll), dan kacang-kacangan. Oleh-produk seperti gandum, beras dedak, bran oat dll. Berbeda oilcake suka makan kedelai / serpih, kue mustard, sampai kue minyak dll komponen protein penting dalam ransum kelinci. Ikan makanan, darah meal, makan daging, tepung tulang juga dapat dicampur sebagai sumber protein dalam campuran berkonsentrasi. Jatah cocok mungkin dikarang oleh menambahkan bahan-bahan yang disebutkan di atas dengan setidaknya 16% dicerna crude protein dan 70% total dicerna nutrisi untuk kelinci. Komposisi campuran ideal berkonsentrasi diberikan di bawah ini:
Jagung (40%), kulit gandum (15%), Deoiled beras bran (15%), makan kacang kedelai (10%), tanah kue kacang (7%), nasi husk(5%), ikan makanan (5%), Mineral Mixture(2%), salt(1%) Umum
Konsentrat campuran dapat diberikan sebagai pakan pelet atau dengan membuat pakan bola atau berendam di air dianjurkan sebagai kelinci memiliki kebiasaan membuang berbedak feed, sehingga wastages diminimalkan. Tingkat pemberian pakan konsentrat campuran adalah sebagai berikut:
Weaners (41 – 70 hari) – 50gr/hari, penumbuh saya (71 – 90 hari) – 75 gm/hari, penumbuh II (91-120 hari) – 100 gm/hari, orang dewasa (120 hari dan di atas)-120 gm/hari
Rumput hijau daun pohon atau roughages dapat diberikan ad libitum. Umumnya konsentrat ditawarkan di pagi dan roughages pada waktu petang. Air minum yang bersih harus disediakan ad libitum sepanjang hari dan malam.
Pemuliaan manajemen
Tergantung pada jenis, pakan dan wilayah laki-laki dan perempuan umumnya dewasa pada usia 5 sampai 7 bulan. Rasio laki-laki dan perempuan mungkin 1:10. Tanda panas di laki-laki menunjukkan kegelisahan, menggigit dagu di dinding hutches, duduk di kawin postur mengangkat ekor dan vulva akan menjadi padat dan lembab. Itu umumnya bergeser ke kandang dolar untuk kawin. Setelah sukses kawin dolar jatuh ke bawah di satu sisi membuat mengerang suara yang disebut ‘lordosis’. Ideal kawin waktu adalah pagi atau sore hari. Masa kehamilan di kelinci adalah pada rata-rata 30 hari. Sebelum menyalakan doe akan mencabut bulu dari bagian perut nya dan akan mempersiapkan tidur. Namun, tempat tidur ekstra seperti tas goni melihat debu jerami dll dapat diberikan untuk kit. Doe biasanya melahirkan 5 sampai 8 muda satu pada satu waktu. Kit bayi berbulu dan mata tertutup. Setelah 9 sampai 10 hari mereka membuka mata dan secara bertahap rambut mulai tumbuh. Segera setelah lahir dan sampai pembukaan mata mereka semata-mata bergantung pada ibu makanan. Pada usia 21 sampai 23 hari mereka mulai menggigit feed yang diberikan kepada ibu. 42-47 hari muda dapat dipisahkan dari ibu mereka, proses disebut penyapihan. Sexing dilakukan pada saat penyapihan.
Manajemen Kesehatan
Beberapa penyakit umum dijumpai dan infestasi parasit adalah coccidiosis yang disebabkan oleh protozoa Eimeria. Gejala termasuk longgar gerak, nafsu makan hilang, rambut kasar mantel, kelemahan dan hewan akan berbaring diam-diam dengan mata mengantuk. Pengobatan dengan ‘sulmet’ @ 1.5 ml/kg berat badan selama 2 hari, diikuti oleh 0.7 ml/kg berat badan selama 4 hari dianjurkan. Aflatoxicosis terjadi karena pakan yang terkontaminasi dengan Aspergillus jamur. Racun jamur disebut aflatoksin dapat menyebabkan kematian hingga 30 persen. Gejala termasuk perut buncit, aborsi di hamil hewan, kehilangan nafsu makan dan kematian. Telinga kanker yang disebabkan oleh ectoparasite disebut tungau Psoroptes. Gejala adalah gatal konstan dan iritasi telinga. Dalam kasus parah menyebabkan ‘kecut leher’. Lesi nekrotik juga dapat dilihat di dalam telinga. Snuffles yang disebabkan oleh bakteri Pasteruella. Mucoporulent penyakit ini keluar dari hidung umum. Sementara pernapasan, bersin atau dengus panjang suara akan diproduksi. Kelinci akan menggosok hidung antara kaki. Tidak ada vaksinasi yang spesifik diperlukan untuk kelinci. Namun, sebagai ukuran profilaksis selama bulan Mei sampai September perawatan harus diberikan untuk mencegah coccidiosis dan Oktober sampai Desember untuk tungau perizinan dan pencernaan parasit. Hygiene dan sanitasi Farm kompleks adalah sangat penting untuk sukses kelinci pertanian. Air minum yang bersih, cetakan gratis feed, ventilasi cukup, sinar matahari dan perlindungan dari hujan diperlukan. Tidak ada elaborative pengobatan dan obat-obatan yang diperlukan untuk skala kecil rabbitry.

baca juga : 50+ Foto Foto Kelinci Imut Dan Cantik Bisa Anda Jadikan Dp Bbm