Pengalaman Install LDPlayer Kena Cryptominer

Berawal dari saya coba install software LDPlayer di laptop saya, yaitu sebuah software android emulator. Awalnya setelah install, semuanya terlihat lancar dan emulator pun berjalan dengan lancar. Tetapi beberapa saat kemudian tiba-tiba di laptop saya muncul software antivirus baru yang memunculkan notifikasi bahwa di laptop saya ada beberapa virus yang harus di karantina/di hapus. Padahal sebelumnya saya merasa gak install anti virus baru.

Teledornya saya gak langsung curiga tapi langsung klik tombol bersihkan virus di software antivirus tersebut. Dan kelihatan software tersebut seakan-akan menghapus/ mengkarantina virus-virus yang ada di laptop saya. Setelah beberapa saat tiba-tiba laptop saya jadi lemot banget. Lihat di task manager penggunaan prosesornya selalu berada di angka yang mendekati 100%. Ketika saya cek program apa yang memakan resource prosesor terbanyak ternyata program “services and controller app”.

Mau buka menu remove program untuk menguninstall LDPlayer selalu error. Akhirnya saya melakukan clean boot, inipun memerlukan perjuangan dan kesabaran karena laptop saya benar-benar jadi lemot banget padahal prosesor nya sudah i7 dan RAM nya 8GB. Walaupun saya pakai Windows 10 tetapi saya melakukan clean boot sesuai petunjuk di sini : support.microsoft.com/en-us/help/929135/how-to-perform-a-clean-boot-in-windows , dan berhasil.

Ketika saya berhasil masuk ke clean boot langsung saya uninstall LDPlayer dan antivirus baru yang tidak dikenal tersebut. Terus saya disable satu program yang bernama LDnews. Akhirnya sekarang penggunaan prosesor laptop saya sudah normal kembali.