Peluang Usaha Dropshipper Modal Kecil Menguntungkan

Dropshipping yaitu mekanisme penjualan produk yang mana penjual (dropshipper / pengecer / reseller) menjual barang dari supplier atau produsen tanpa memiliki stok sendiri. Jadi customer tetap membeli melalui penjual/dropshipper, dan oleh penjual/dropshipper order tersebut dikirimkan ke produsen atau supplier untuk diproses dan pengiriman barang dilakukan oleh pihak supplier/produsen tersebut. Jadi dapat dibilang sistem perantara atau makelar, yang mana penjual mendapat keuntungan dari selisih harga wholesaler dengan retailnya.

Di era serba canggih ini peluang usaha dropshipper menjadi peluang usaha yang paling banyak diminiati. Mengingat,pertumbuhan teknologi yang berkembang. Serta sistem dropship yang tak menyulitkan,membuat banyak orang terjun ke usaha sederhana ini. Berikut ini sedikit penjelasan tentang dropshipper.

Peluang Usaha Dropshipper Modal Kecil Menguntungkan

Peluang Usaha Dropshipper Modal Kecil Menguntungkan

Salah satu keuntungan Dropshipping
Dari sisi penjual / pengecer / reseller / dropshipper :

  • Dropshipping memiliki manfaat bagi reseller-reseller atau toko online kecil dengan budget minimum dapat membuka toko dan meminimalisir biaya sewa gudang, stok produk dan tenaga kerja untuk menangani masalah pengiriman dan lain-lain. Dengan memajang katalog produk, maka budget yang diperlukan untuk membuka toko online sangat kecil. Hanya butuh biaya koneksi internet untuk menangani sales dan email customer, dan biaya pembuatan website yang sebenarnya sudah tersedia platformnya, seperti oscommerce, joomla dan lain-lain.

Dari sisi supplier / produsen / distributor :

  • Keuntungannya dapat meningkatkan penjualan melalui reseller-reseller yang bekerja independen dari mereka. Kemudian pengiriman yang rutin akan mengurangi biaya pengiriman karena kurir pengiriman memberikan diskon yang cukup besar kepada customer yang sering mengirim barang menggunakan jasa mereka. Tentunya customer yang dimaksud disini yaitu supplier tersebut yang melakukan pengiriman.

Salah satu kelemahan Dropshipping
Namun terlepas dari keuntungan diatas, kekurangannya yaitu ketergantungan yang sangat besar dengan supplier dan produsen, yang mana stok tidak dapat dijamin ada ketika sales terjadi. Dibanding memiliki stok sendiri, maka mengandalkan stok supplier terkadang sangat mengkhawatirkan terutama ketika stok kosong pada saat customer memesan produk tersebut. Selain itu ketepatan waktu pengiriman sangat tergantung dengan supplier, karena mereka memiliki schedule pengiriman rutin dan terkadang tidak mengikuti pengiriman sewaktu-waktu.