Mengenal Ujian CAT CPNS 2018

Pendaftaran CPNS tahun 2018 telah dibuka dan tentunya kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya lulus seleksi. Untuk tahun 2018 ini model ujian yang diberikan adalah menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT). Keunggulan dari metode CAT ini adalah peserta ujian tidak perlu capek-capek melingkari jawaban serta nilai ujian bisa langsung terlihat begitu ujian selesai.

Peserta hanya cukup melakukan login di komputer yang telah disediakan oleh panitia kemudian tinggal memilih jawaban yang paling benar pada soal pilihan ganda. Dengan metode ujian CAT ini diharapkan dapat mengurangi kesalahan panitia dalam mengoreksi jawaban peserta. Karena semua proses penilaian dilakukan otomatis oleh komputer.

Ujian dengan metode CAT ini meliputi Test Kompetensi Dasar (TKD) dan Test Kompetensi Bidang (TKB). Untuk Test Kompetensi Dasar (TKD) ini terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Untuk Test Kompetensi Bidang (TKB) ini disesuaikan dengan bidang masing-masing yang telah dipilih oleh peserta. Untuk waktu pengerjaan soal biasanya adalah sekitar 90 menit.

Sebelum kita mengikuti ujian CAT yang sebenarnya sebaiknya kita melakukan latihan dulu sebelumnya. Untuk melakukan latihan atau simulasi ujian CAT ini kita dapat mengunjungi situs http://cat.bkn.go.id/simulasi