Mengapa Volume termasuk Besaran Turunan?

Mengapa Volume termasuk Besaran Turunan? – Halo sahabat semua, mungkin pertanyaan tersebut ada dibenak kita ya? Sebelum membahas tentang mengapa volume termasuk kedalam besaran turunan, kita harus membahas terlebih dahulu jenis besaran dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan nilai serta memiliki satuan. Berdasarkan satuannya, besaran dibagi menjadi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Besaran pokok tentunya sudah di tetapkan terlebih dahulu oleh para ilmuan dan ada sekitar 7 besaran pokok tersebut. Sedangan besaran yang kedua adalah besaran turunan. Besaran turunan adalah besaran yang satuannya di turunkan dari besaran pokok. Untuk lebih jelasnnya silahkan anda baca artikel yang sudah kami tulis sebelumnya.

Besaran Pokok dan Besaran Turunan

Volume Termasuk Besaran Turunan

Jika anda belum jelas mengapa volume termasuk besaran turunan akan saya jelaskan lagi berikut ini. Jika kita mencari sebuah volume misalkan balok maka kita akan mengingat pelajaran sewaktu di SD matematika yaitu

Volume = Panjang x Lebar x tinggi

Panjang, lebar dan tinggi adalah merupakan salah satu besaran panjang dimana satuan dari ketiganya adalah meter. Maka kita akan mendapatkan satuan dari Volume adalah meter pangkat 3 m3 atau bisa saya jabarkan berikut ini:

Mengapa volume termasuk besaran turunan
Mengapa volume termasuk besaran turunan?

Kita akhirnya mengetahui bahwa satuan dari volume adalah m3 , satuan tersebut berarti terdiri dari 3 besaran panjang. Jadi kita sudah paham hal inilah yang menyebabkan volume termasuk kedalam besaran turunan.

Jika anda masih bingung atau memiliki pertanyaan lainnya silahkan bisa anda tanyakan kepada kami di forum tercinta kita di website ini. Jika di rasa bermanfaat informasi ini silahkan anda bagikan kepada yang lainnya.