Kenapa Orang Jawa Tidak Bisa Menikah Dengan Orang Sunda?

Kenapa Orang Jawa Tidak Bisa Menikah Dengan Orang Sunda? – Berbagai spekulasi dimunculkan bila orang jawa tidak bisa menikah dengan orang sunda karena berbagai hal. Dari segi budaya,adat dan beberapa hal memang berbeda. Bagi sebagian orang tua pastinya tak menyetujui anaknya menikah bila tidak satu suku jawa atau sunda. Asal muasalnya dari perang bubat sebab pajajaran menghianati majapahit,membuat mitos ini beredar hingga hari ini.


1. Rumah Tangganya Yang Menderita Dan Menjadi Berantakan

Beberapa orang yakin Jika orang jawa dan sunda menikah,maka rumah tangga nya akan berantakan,menderita dan beberapa faktor pun muncul seperti krisis ekonomi dan yang lain-lain.

Tapi,Sekalipun ada nilai filosofinya, mitos akan tetap menjadi sebuah mitos dan kalau dihubung-hubungkan dengan takdir dan bahkan dikaitkan dengan kesialan, maka yang memercayainya jelas telah menjadi syirik. Orang Sunda dilarang menikah dengan orang Jawa karena akan sengsara nantinya.

Ini bisa jadi tiyaroh. Tiyaroh adalah sebutan untuk keyakinan akan sesuatu sebagai sebab sial untuk kehidupan manusia yang sebenarnya sama sekali tidak memiliki kaitan dan Rasulullah bersabda bahwa thiyarah itu merupakan kesyirikan. Ingat akan firman Allah dalam QS. Az-Zumar: 36 bahwa hamba-hamba-Nya akan selalu dicukupi Allah dan Allah sendiri jugalah yang akan melindungi mereka.

2. Karena Perbedaan Suku
Yang perlu dipertahankan dan perlu diingat bahwa manusia diciptakan oleh Allah bukan untuk membuat perbedaan dan kesenjangan melainkan agar bersatu, saling mengenal dan melengkapi. Dalam QS. Al-Hujarat: 13 dikatakan bahwa  manusia diciptakan oleh Allah dari seorang pria dan wanita sehingga dapat menjadi berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya bisa lebih saling mengenal dan orang yang dianggap paling mulia untuk di sisi Allah adalah yang paling bertaqwa.

Inti dari firman Allah tersebut adalah bahwa orang yang paling bertaqwalah yang dianggap paling mulia dan bukan karena dia termasuk golongan atau suku tertentu. Sunda tidaklah lebih mulia dari Jawa dan begitu juga sebaliknya. Seharusnya perbedaan Sunda dan Jawa justru menjadi satu alat penyatu keduanya.


Hanya mitos belaka yang merupakan isapan jempol semata,anda wajib mempercayai nya bila itu terjadi. Jangan sampai kita 100% mitos yang belum tentu kebenarannya. Semoga dapat menjadi renungan,jangan lupa untuk share artikel ini.