Google Cloud Mahal

Jika kita bandingkan dengan digitalocean dan vultr jelas sekali dengan spek virtual server yang sama ternyata harga di google cloud jauh lebih mahal. Untuk spek RAM yang terendah yaitu 0,6GB dan disk space 10GB harganya sekitar $5 per bulan. Kalau pakai voucher trial gratis yang $300 secara teoritis sih memang bisa bertahan hingga 60 bulan alias 5 tahun. Tapi sayangnya free trialnya hanya bisa dipakai untuk 1 tahun doang. Juga berdasarkan pengalaman google cloud ini entah kenapa boros di RAM. Jadi bakalan minta upgrade terus padahal sih trafik di VPSnya gak rame padahal.

Kemudian pertanyaan yang muncul adalah kenapa harganya lebih mahal, bukankah google punya dana yang sangat besar. Dengan dana yang besar ini harusnya google bisa memberikan harga yang paling murah. Lebih murah dari digitalocean, vultr, linode, azure, dan AWS. Dengan harga yang lebih murah bukankah google akan lebih mudah untuk melibas para kompetitor di bisnis cloud ini.

Jika harga di google cloud lebih murah dari para kompetitor, saya yakin banyak yang akan berbondong2 pindah ke google cloud karena nama google menjanjikan kualitas dan pelayanan yang oke. Mungkin jawabannya adalah karena fitur di google cloud yang lebih lengkap dan kompleks sehingga membutuhkan biaya yang lebih besar.

Setelah menghitung2 biaya pembuatan data center, biaya peralatan dan gaji karyawan, google tidak bisa memberikan harga yang lebih murah lagi. Mungkin bisa saja memberikan harga yang lebih murah tapi bakalan tekor terus. Tapi kenapa digitalocean dan vultr bisa memberikan harga yang lebih murah ? Karena server/datacenter mereka lebih sederhana dan tidak memasukkan fitur2 kompleks yang mahal.