Cara Pembayaran BPJS Ketenagakerjaan via ATM BCA

Berawal dari kesibukan saya sehingga untuk ke kantor bpjs ketenagakerjaan dan bayar iuran bulanan juga susah cari waktunya. Kemudian saya berpikir masa sih di zaman yang sudah canggih dan era digital ini tidak bisa melakukan pembayaran lewat ATM, mobile banking maupun inet banking gitu.

Pastinya bakal mempermudah kita sebagai customer. Gak perlu capek-capek datang ke kantor bpjs ketenagakerjaan dan antri. Belum lagi cuaca yang panas dan macet dijalan, pastinya bakal bikin kita tambah males untuk datang.

Kemudian akhirnya saya tanya ke customer service bpjs ketenagakerjaan. Bisa gak sih bayar lewat ATM BCA dan gak perlu ke kantor? Kemudian saya mendapat jawaban bahwa ternyata untuk saat ini memang belum bisa melakukan pembayaran lewat ATM BCA. Tapi kalau BCA online (Inet banking) yang bisnis bisa.

Kemudian saya tanya lagi, kalau bayar di ATM bank yang lain bisa gak? Kemudian saya mendapat jawaban bahwa untuk ATM bank lain bisa, yaitu ATM Bank Mandiri, BNI, dan BRI. Akhirnya saya mencoba melakukan pembayaran lewat ATM Bank Mandiri dan akhirnya berhasil.

Sebelum kita melakukan pembayaran di ATM, kita harus meminta kode pembayaran terlebih dahulu. Makanya sebaiknya kita simpan no. WA orang BPJS ketenagakerjaan biar bisa kita mintai kode bayarnya tiap bulan. Setelah dapat kode pembayaran, di ATM tinggal masuk ke menu “Bayar” kemudian ke menu “BPJS” kemudian pilih “BPJS KETENAGAKERJAAN” kemudian pilih “e-Payment” kemudian masukkan kode iuran, kemudian tekan no. 1 dan pilih YES.