Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Selama 3 Bulan

Wabah virus corona atau covid 19 memiliki dampak yang tak hanya untuk kesehatan semata, juga sampai pada permasalahan ekonomi dan lain sebagainya. Hal ini di karenakan banyak orang yang tidak bekerja  karena mungkin kantor tempat dia bekerja terpaksa tutup guna mencegah dan mempersempit ruang penyebaran virus corona tersebut.

Tentu karena hal tersebut masyarakat resah dan tidak mendapat penghasilan selayaknya sebelum corona menghancurkan segalanya. Menimbang dampak tersebut, pemerintah mengeluarkan kebijakan berupa pemberian token listrik gratis untuk pengguna listrik prabayar 450 VA dan diskon token untuk pengguna prabayar 900 VA. Lalu, bagaimana Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Selama 3 Bulan tersebut? Simak tata cara mendapatkan token gratis 3 bulan pada artikel di bawah ini.

Sekilas Tentang Program Listrik Gratis

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Selama 3 Bulan

Presiden Joko Widodo mengeluarkan kebijakan guna membantu meringankan beban hidup masyarakat selama masa pandemi corona ini. Kebijakan tersebut adalah pemberian token listrik secara gratis kepada pengguna listrik prabayar dengan tekanan 450 volt dan untuk pengguna listrik prabayar dengan tekanan 900 volt bersubsidi di berikan token dengan harga yang jauh lebih murah.

Perusaan Listrik Negara atau PLN menikdaklanjuti maklumat presiden tersebut dengan langsung menyiapkan beberapa cara atau metode untuk mengklaim listrik gratis selama kurun waktu tiga bulan yaitu April, Mei dan Juni. Pengguna prabayar nantinya bisa mendapatkan token tersebut dengan klaim melalui website dan whatapps. Sedangkan untuk pengguna pascabayar sudah secara otomatis di bebaskan biaya listrik dan tidak perlu lagi datang ke kantor pos, pln dan semacamnya untuk mambayar listrik.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka, mengatakan melalui siaran press bahwa nantinya pelanggan akan mendapatkan id token listrik dengan jumlah sebesar pemakaian tertinggi selama tiga bulan terakhir. Id tersebut bisa langsung di masukan ke meteran listrik milik mu.

Token gratis tersebut di peruntukan bagi pelanggan prabayar 450 VA. Sehingga pelanggan prabayar 450 VA tersebut tidak perlu membayar atau membeli token listrik selama tiga bulan kedepan. Sedangkan bagi pelanggan prabayar 900 VA, pelanggan tetap di haruskan membeli token listrik dengan biaya lebih murah dan diskon sebesar 50 persen.

Cara Klaim Listrik Gratis PLN

Ada dua Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Selama 3 Bulan yang bisa kamu lakukan untuk mengklaim token listrik gratis dari pln tersebut. Cara pertama adalah dengan mengklaim melalui laman website resmi pln dan cara yang kedua bisa dengan menggunakan nomer whatapps pln. Kami akan menjelaskan kedua cara tersebut secara rinci dan jelas agar kamu bisa memahami dan tidak salah melakukan klaim listrik gratis pln. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

1. Melalui Website

Kamu bisa langsung mengunjungi laman website dari pln yaitu www.pln.co.id untuk mengklaim listrik atau token tersebut. Kamu bisa menggunakan ponsel android maupu laptop untuk dapat mengakses situs web tersebut. Semisal kamu menggunakan ponsel android, sebaiknya kamu gunakan google chrome untuk mengakses situs tersebut.

Setelah kamu masuk ke halaman utama dari website resmi pln yaitu www.pln.co.id, langkah berikutnya kamu masuk ke menu pelangangan. Di menu pelanggan tersebut kamu klik sub menu dengan tulisan stimulus covid-19. Nanti akan muncul kolom yang digunakan untuk memasukan id pelanggan dari listrik milik mu tersebut.

Masukan nomer id pelanggan dari listrik milik mu, kemudian kamu klik enter atau cek. Tunggu beberapa saat sampai muncul token dengan 20 digit angka. Kamu langsung masukan token 20 digit angka di meteran listrik sesuai dengan id pelanggan milik mu.

Maka kamu sudah berhasil klaim token gratis dari pln untuk pengguna listrik prabayar 450 VA. Begitu juga dengan pengguna listrik prabayar 900 VA untuk klaim diskon token listrik milik mu tersebut.

2. Melalui Whatapps

Atau bisa juga kamu gunakan cara yang lain yaitu dengan melalui pesan chat di aplikasi whatapps. Cara ini lebih simpel jika dibandingkan dengan menggunakan website dari pln tersebut. Adapun tahapan untuk mengklaim token listrik gratis selama tiga bulan dengan menggunakan aplikasi whatapps akan kami jelaskan pada narasi di bawah ini.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi whatapps yang telah terinstal di ponsel android mu. Sebenarnya cara yang satu ini sama persis seperti kamu melakukan chat dengan teman mu atau pacar mu. Yaitu kamu tinggal berkirim pesan ke nomer whatapps milik perusahaan listrik negara atau pln.

Tentu saja, isi pesan yang kamu kirimkan harus sesuai dengan skema atau prosedur yang berlaku. Jangan merasa sok dekat dengan mengirim pesan ‘halo, bro’, atau sok keren dengan menuliskan pesan ‘hai, guys’. Jangan! Karena pln itu perusahaan negera dan sifatnya formal, jadi untuk mengirim pesan tersebut ada ketentuanya.

Kamu tinggal tulis saja nomer id pelanggan milik mu dan kirimkan pesan tersebut ke nomer whatapps milik pln. Adapun nomer whatapps milik pln tersebut adalah 08122-123-123. Setelah kamu kirim pesan berupa id pelanggan listrik, tunggu sampai ada balasan dari nomer pln tersebut. Jika sudah muncul token listrik gratis, maka kamu tinggal masukan kode token listrik sejumlah 20 digit angka ke meteran listrik di rumah mu.

Disclaimer

Seperti yang sudah di jelaskan panjang lebar pada artikel diatas, bisa kamu simpulkan bahwa untuk mendapatkan token listrik gratis atau diskon pembayaran token listrik, kamu perlu melakukan klaim. Ini di khususkan untuk pengguna prabayar. Karena jika kamu tidak melakukan klaim, maka kamu tidak akan mendapatkan token gratisan tersebut dan meteran listrik di rumah mu tidak secara otomatis terisi sendiri, Bung.

Hal ini perlu kamu garis bawahi agar tidak salah tanggap menerima informasi yang simpang siur beredar di laman media sosial seperti facebook, twitter maupun grup whatapps. Ada satu hal yang perlu kamu perhatikan lagi. Setelah adanya info token listrik gratis ini ada banyak orang di media sosial yang menawarkan jasa klaim tersebut.

Kamu perlu hati-hati dan jangan lantas langsung mengirim id pelanggan listrik mu. Karena jasa klaim yang beredar di sosial media belum jelas apakah hanya sekedar membantu atau malah memanfaatkan situasi dan kondisi. Dengan maksud mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi, sebaiknya kamu coba sendiri klaim listrik gratis tersebut.

Jika memang kamu sudah mencoba klaim dan gagal mendapatkan listrik gratis, kamu harus tenang. Karena pemerintah atau pln sendiri mengumumkan bahwa pembagian token listrik tersebut akan bertahap di lakukan dan akan optimal ketika tanggal 11 April mendatang. Jika sudah coba dan tetap gagal, sabar. Coba lagi di tanggal 11 April nanti.

Nah itulah ulasan lengkap tentang Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis Selama 3 Bulan dari perusahaan listrik negara atau biasa disingkat dengan PLN. Sekian dan terima kasih.

Terimakasih semoga Artikel ini Bermanfaat