Besaran Pokok, Besaran Turunan, dan Satuannya

Besaran Pokok, Besaran Turunan dan Satuannya – Halo para sahabat semua bagaimana kabarnya? Kali ini kita akan membahas tentang apa itu Besaran dan Satuan serta jenis-jenis besaran berdasarkan satuannya. Sebelum memahas lebih jauh tentang besaran pokok, besaran turunan dan satuannya, apakah sahabat sudah mengetahui dengan baik apa itu besaran? Jika kita melihat materi ini pasti akan di berikan di awal baik materi IPA di SMP maupun fisika di SMA dan SMK. Materi ini akan di berikan di kelas VII dan kelas X.

besaran pokok

Pengertian Besaran dan Satuan

Pengertian Besaran

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka dan memiliki satuan. Yang perlu kalian ingat kata kunci dari pengertian ini adalah segala sesuatu yang dapat diukur. Jadi apa saja yang dapat di ukur dan dinyatakan dalam bentuk angka adalah besaran. Bisa anda bayangkan bukan pasti akan ada banyak sekali besaran yang akan kita pelajari. Lalu bagaimana dengan satuan?

Pengertian Satuan

Satuan adalah pembanding didalam kita melakukan kegiatan pengukuran terhadap suatu besaran. Ada banyak sekali pembandingnya, contoh jika kita mengukur berapa panjang sebuah meja belajar, maka kita bisa mengukurnya dengan Jengkal, depa, meter, centimeter atau lainnya. Inilah yang dimaksud dari Satuan tersebut.

Jika kita melihat penjelasan kedua pengertian Besaran dan satuan, maka bisa anda bayangkan betapa banyaknya satuan dan besaran yang kita gunakan dan pelajari. Wah ini semakin menjadi momok kita dalam belajar Fisika dan Ilmu Pengetahuan Alam pada umumnya. Namun anda jangan kuatir, bahwa para ilmuan dahulu sudah berkumpul dan bersepakat untuk menentukan besaran apa yang menjadi acuan atau standar internasional atau satuan internasional artinya dimanapun anda berada, ukuran dari pengukuran anda akan sama dan tepat.

Akibat dari kesepakatan ini maka ada dua jenis besaran berdasarkan satuan, Berikut ini jenis besaran berdasarkan satuannya:

  • Besaran Pokok
  • Besaran Turunan

Besaran Pokok

Besaran pokok adalah besaran yang sudah di tentukan terlebih dahulu satuannya. Inilah yang menjadi acuan dan standar. DI dalam fisika dikenal dengan satuan internasional (SI). Ada beberapa besaran yang dijadikan besaran pokok, kurang lebih dari 9 Besaran pokok.

[table id=1 /]

Besaran-besaran pokok di atas harus kalian pahami dan kalian ingat ya, karena ini adalah dasar kita untuk mempelajari fisika lebih jauh lagi. Sebenarnya ada 2 besaran pokok lainnya selain, panjang, massa, waktu, suhu, jumlah zat, kuat arus, intensitas cahaya yatiu sudut ruang dan sudut bidang. Namun Besaran sudut ini tidak berdimensi.

Besaran Turunan

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok. Itulah sebabnya besaran-besaran tersebut disebut besaran turunan. Berikut ini beberapa contoh dari besaran turunan beserta satuannya

[table id=2 /]

Contoh dari besaran turunan adalah luas. Secara sederhana jika kita mencari luar persegi panjang maka rumusnya sebagai berikut:

Luas Persegi panjang : panjang x Lebar
Luas persegi panjang : m x m = m ^2

Besaran turunan

Besaran luas adalah turunan dari dua besaran pokok yaitu besaran pokok panjang. Dalam fisika ketika kita mempelajai besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya, kita juga akan mengenal apa yang dimaksud dengan Dimensi besaran Pokok dan Dimensi Besaran Turunan

Dimensi

Dimensi Besaran Pokok

Dimensi adalah penggambaran bagaimana susunan satuan dari besaran turunan, dengan kata lain dimensi besaran pokok adalah dimensi yang paling utama atau dasar. Berikut ini contoh dimensi dari besaran pokok :

[table id=3 /]

Perlu kita ketahui bahwa dimensi dan satuan dua hal yang berbeda, silahkan kalian pelajari dan hapalkan ya. hal ini diperlukan jika anda nantinya ingin melakukan analisis dimensi

Dimensi Besaran Turunan

Dimensi dari besaran turunan berasal dari dimensi besaran pokok. Ada beberapa tips jika kalian ingin mencari dimensi dari besaran turunan.

  1. Pertama kalian harus mengetahui rumus atau persamaan dari besaran tersebut
  2. SIlahkan anda cari satuan dari besaran turunan tersebut
  3. Cari dimensi dari satuan yang sudah anda tentukan di atas

Demikianlah ulasan lengkap kita tentang besaran pokok, besaran turunan, satuan besaran pokok, satuan besaran turunan serta dimensi dari besaran pokok dan besaran turunan. Silahkan anda bagikan kepada sahabat dan saudara anda. Jika anda ada yang ingin ditanyakan gabung di forum kami ya.