5 Cara Merawat Hamster Yang Baik

Daftar Isi Konten

Cara Merawat Hamster Dengan Benar – Hamster merupakan salah satu hewan peliharaan kecil yang sangat terkenal sebab penampilannya imut, dimensi mungil, serta watak jinak. Gampang ditemui di toko hewan peliharaan terdekat ataupun hamster peternak. Sebab bayaran yang rendah serta usia yang lebih pendek, Hamster merupakan opsi yang baik buat owner hewan peliharaan, tercantum anak. Bila Kamu berencana buat memelihara hamster ke rumah Kamu, Kamu butuh membaca panduan ini yang menolong dalam memelihara hamster.

Bersumber pada pengalaman memelihara hamster sangat gampang. Terlebih buat kamu para pendatang baru, tidak butuh bimbang serta takut dikala menjaga hamster. Sebab tidak susah menjaga hamster, lumayan perhatikan kandang, santapan, kebersihan serta pula jenis hamster. Kamu dengan gampang hendak bisa menjaga hamster. Berikut datanya.

5 Cara Merawat Hamster Yang Baik

Cara Merawat Hamster

1. Siapkan Kandang Hamster
Sebelum memelihara hamster yang perlu diutamakan adalah membeli kandang hamster. Besar atau kecilnya kandang tergantung jumlah hamster. Beberapa jenis kandang bisa anda beli. Seperti kandang yang terbuat dari besi,yang terbuat dari plastik atau akuarium ikan. Kami sarankan untuk menggunakan kandang besi atau akuarium agar kandang tidak bisa digigit dan cepat rusak. Jangan lupakan juga aksesoris hamster serta tempat minum hamster agar hamster sehat meminum air.
2. Pilih Makanan Hamster 
Makanan utama hamster adalah biji bunga matahari yang sering kita kenal kuaci. Anda bisa menemukannya di toko-toko hewan terdekat dengan harga terjangkau. Jika anda ingin mencoba memberi makan hamster disarankan sayur-sayuran seperti tauge,wortel dan pisang. Hamster merupakan herbivora,beberapa sayuran lainnya sangat disukai hamster.
3. Siapkan Serbuk Kayu
Serbuk kayu yang merupakan selimut untuk hamster adalah hal utama yang perlu anda perhatikan. Ibarat selimutnya hamster,serbuk kayu harus selalu ada di kandang hamster. Bila tidak memiliki serbuk kayu,anda dapat menggantinya dengan tauge.
4. Bersihkan Kandang Secara Rutin
Membersihkan kandang hamster dengan rutin adalah salah satu cara untuk merawat hamster. Karena hamster sendiri tidak mau bila kandang kotor karena kotoran atau bekas kencingnya. Untuk itu,kita perlu membersihkannya. Biasanya setiap hari dikuras kandangnya,karena sangat bau sekali bila tidak dikuras.
5. Jangan Terlalu Lama Menjemur Hamster
Bulu hamster yang sering basah karena kotoran atau kencing membuat hamster menjadi kedinginan. Maka dari itu,kita perlu menjemur hamster serta kandangnya yang sudah bersih setiap pagi dengan jangka waktu yang tidak lama.
Walaupun sederhana,tetapi cara merawat hamster harus diperhatikan. Demi kesehatan dan kenyamanan hamster,bila tidak hamster akan cepat mati. Karena bila kena air banyak,hamster pun bisa sakit dan mati. Semoga bermanfaat,terima kasig telah membaca artikel ini.